A.
VISI SDN 13 BALAI-BALAI
”Mewujudkan Siswa yang Cerdas dan Kompetitif
berdasarkan iman dan taqwa, yang dijiwai oleh nilai-nilai budaya dan karakter
bangsa”.
INDIKATOR
1)
Terdokumentasikan kurikulum satuan
pendidikan yang dijalankan sekolah (Kurikulum SDN 13 Balai-Balai )
2)
Tersedianya perangkat pembelajaran
secara lengkap (pemetaan, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran), baik
untuk semua mata pelajaran maupun semua jenjang kelas
3)
Terdapat peningkatan yang terkait dengan standar isi pendidikan
4)
Semua
mata pelajaran pada semua jenjang kelas telah dilaksanakan dengan menggunakan
berbagai strategi pembelajaran, utamanya CTL
5)
Terdapat
peningkatan inovasi bahan pembelajaran, baik secara kualitas maupun kuantitas
6)
Terdapat
peningkatan inovasi sumber pembelajaran, baik secara kualitas maupun kuantitas
7)
Terdapat
peningkatan inovasi pengelolaan kelas/pengelolaan pembelajaran.
8)
Terdapat peningkatan gain score
achievement (GSA) pada setiap semester atau tahun, terhadap pencapaian ketuntasan kompetensi untuk semua
mata pelajaran
9)
Terdapat peningkatan rata-rata
pencapaian gain score achievement (GSA) pada tahun terhadap mata pelajaran yang di-UN-kan berdasarkan
kepada standar kelulusan yang ditetapkan
10)
Terdapat peningkatan prestasi non
akademik tiap tahunnya
11) Terdapat peningkatan jumlah tenaga
pendidikan dan kependidikan sesuai kebutuhan sekolah
12) Terdapat peningkatan kompetensi pendidik
dan tenaga kependidikan sesuai SNP
13) Terselenggaranya Monitoring dan Evaluasi
(ME) tiap tahun khususnya tentang kinerja sekolah
14) Terselenggaranya ME tiap tahun khususnya
tentang kinerja pendidik
15) Terselenggaranya ME tiap tahun khususnya
tentang kinerja kepala sekolah
16) Terselenggaranya supervisi klinis tiap
tahun khususnya kepada pendidik dan tenaga kependidikan
17) Terdapat peningkatan kuantitas dan
kualitas media pembelajaran tiap mata pelajaran untuk semua jenjang kelas,
selaras dengan strategi pembelajaran yang diterapkan (khususnya pembelajaran
aktif)
18) Terdapat peningkatan kuantitas dan
kualitas peralatan pembelajaran tiap mata pelajaran untuk semua jenjang kelas,
selaras dengan strategi pembelajaran yang diterapkan (khususnya pembelajaran
aktif)
19) Terdapat peningkatan kuantitas dan
kualitas prasarana pendidikan dan atau pembelajaran
20) Terdapat peningkatan kuantitas dan
kualitas media dan peralatan pembelajaran praktik tiap mata pelajaran untuk
semua jenjang kelas, selaras dengan strategi pembelajaran yang diterapkan
(khususnya pembelajaran aktif)
21) Terpasangnya jaringan internet, baik dalam
lab komputer peserta didik, guru maupun kepala sekolah
22) Terlaksananya perawatan prasarana,
peralatan, dan media pembelajaran atau sekolah secara berkala.
23) Terdapat prasarana sumber-sumber belajar
yang memadai (perpustakaan, pusat media pembelajaran audio visual).
24)
Terdapat dokumen rencana pengembangan sekolah (RPS)
tiap tahun, baik untuk jangka pendek, menengah maupun panjang
25)
Terdapat dokumen pengembangan pendayagunaan SDM
sekolah dengan cara membuat dan pembagian tugas-tugas secara jelas beserta
pelaksanaannya
26)
Terdapat struktur dan keorganisasian sekolah sesuai
dengan kebutuhan sekolah beserta tupoksi dan pedoman-pedoman kerjanya
27)
Terlaksananya pembelajaran secara efektif dan
efisien dengan dibuktikan oleh prestasi yang dicapai dan pemanfaatan input
pendidikan yang ada
28)
Tersedianya kelengkapan administrasi sekolah sesuai
dengan kebutuhan dan memenuhi standar e-goverment yang efisien dan efektif
29)
Mengimplementasikan MBS dengan indikator pencapaian
sekolah/manajemen mampu: mandiri/otonom, transparan, akuntabel, melakukan
partisipasi/kerjasama dengan masyarakat dan lainnya, program-program dan
pengelolaan yang fleksibilitas, dan terdapat kontinyuitas baik mengenai
program, keuangan, hasil-hasil program serta lainnya oleh pihak manajemen
sekolah
30)
Kepemimpinan kepala sekolah mampu melaksanakan
ciri-ciri sebagai leader yang tangguh
31) Terselenggaranya penggalangan partisipasi
masyarakat (pemberdayaan komite sekolah) secara optimal dalam berbagai
bentuk/bidang
32) Terdapat jaringan informasi akademik di
internal maupun eksternal sekolah (SIM)
33)
Terciptanya jaringan kerja yang efektif dan efisien
baik secara vertikal dan horisontal
34)
Terdapat berbagai model pengembangan pengelolaan
sekolah
35)
Terdapat sistem pengelolaan dalam Income Generating
Activities atau unit-unit produksi/usaha di sekolah maupun kerjasama dengan
pihak lain untuk menggalang partisipasi masyarakat secara profesional, dan
36)
Terdapat dokumen laporan kepada berbagai pihak yang
relevan, baik menyangkut bidang akademik, non akademik atau manajemen sekolah
lainnya.
37)
Terjalin
kerjasama dengan penyandang dana, baik tetap maupun ridak tetap dan terdapat
pemasukan dana
38)
Terdapat
usaha nyata sekolah dalam hal unit produksi sekolah (koperasi, toko, kantin,
dll)
39)
Terdapat jalinan kerjasama dengan
alumni dalam penggalangan dana
40)
Terdapat perangkat penilaian berbagai
ragam untuk semua mapel semua jenjang kelas/tingkat
41)
Terselenggara berbagai model evaluasi:
ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan
kenaikan kelas, dll
42)
Terdapat dokumen pengembangan bank
soal.
43)
Terdapat berbagai macam lomba, uji
coba, dan jenis lainnya untuk peningkatan prestasi peserta didik
B.
MISI SDN 13 BALAI-BALAI
1)
Mendokumentasikan kurikulum satuan
pendidikan yang dijalankan sekolah (Kurikulum SDN 13 Balai-Balai )
2)
Menyediakan perangkat pembelajaran
secara lengkap (pemetaan, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran), baik
untuk semua mata pelajaran maupun semua jenjang kelas
3)
Meningkatkan hal-hal yang terkait dengan standar isi
pendidikan
4)
Semua
mata pelajaran pada semua jenjang kelas melaksanakan dengan menggunakan
berbagai strategi pembelajaran, utamanya pembelajaran aktif
5)
Meningkatkan
inovasi bahan pembelajaran, baik secara kualitas maupun kuantitas
6)
Terdapat
peningkatan inovasi sumber pembelajaran, baik secara kualitas maupun kuantitas
7)
Meningkatkan
inovasi pengelolaan kelas/pengelolaan pembelajaran.
8)
Meningkatkan gain score achievement
(GSA) pada setiap semester atau tahun, terhadap
pencapaian ketuntasan kompetensi untuk semua mata pelajaran
9)
Meningkatkan rata-rata pencapaian gain
score achievement (GSA) pada tahun terhadap
mata pelajaran yang di-UN-kan berdasarkan kepada standar kelulusan yang
ditetapkan
10)
Meningkatkan prestasi non akademik
tiap tahunnya
11) Meningkatkan jumlah tenaga pendidikan dan
kependidikan sesuai kebutuhan sekolah
12) Meningkatkan kompetensi pendidik dan
tenaga kependidikan sesuai SNP
13) Menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi
(ME) tiap tahun khususnya tentang kinerja sekolah
14) Menyelenggarakan ME tiap tahun khususnya
tentang kinerja pendidik
15) Menyelenggarakan ME tiap tahun khususnya
tentang kinerja kepala sekolah
16) Menyelenggarakan supervisi klinis tiap
tahun khususnya kepada pendidik dan tenaga kependidikan
17) Meningkatkan kuantitas dan kualitas media
pembelajaran tiap mata pelajaran untuk semua jenjang kelas, selaras dengan
strategi pembelajaran yang diterapkan (khususnya pembelajaran aktif)
18) Meningkatkan kuantitas dan kualitas
peralatan pembelajaran tiap mata pelajaran untuk semua jenjang kelas, selaras
dengan strategi pembelajaran yang diterapkan (khususnya pembelajaran aktif)
19) Meningkatkan kuantitas dan kualitas prasarana pendidikan dan
atau pembelajaran
20) Meningkatkan kuantitas dan kualitas media dan peralatan
pembelajaran praktik tiap mata pelajaran untuk semua jenjang kelas, selaras
dengan strategi pembelajaran yang diterapkan (khususnya pembelajaran aktif)
21) Memasang jaringan internet, baik dalam lab
komputer peserta didik, guru maupun kepala sekolah
22) Melaksanakan perawatan prasarana,
peralatan, dan media pembelajaran atau sekolah secara berkala.
23) Melengkapkan prasarana sumber-sumber
belajar yang memadai (perpustakaan, pusat media pembelajaran audio visual).
24)
Mendokumentasikan rencana pengembangan sekolah (RPS)
tiap tahun, baik untuk jangka pendek, menengah maupun panjang
25)
Mendokumentasikanpengembangan pendayagunaan SDM
sekolah dengan cara membuat dan pembagian tugas-tugas secara jelas beserta pelaksanaannya
26)
Menyusun struktur dan keorganisasian sekolah sesuai
dengan kebutuhan sekolah beserta tupoksi dan pedoman-pedoman kerjanya
27)
Melaksanakandiakan pembelajaran secara efektif dan
efisien dengan dibuktikan oleh prestasi yang dicapai dan pemanfaatan input
pendidikan yang ada
28)
Melengkapi administrasi sekolah sesuai dengan
kebutuhan dan memenuhi standar e-goverment yang efisien dan efektif
29)
Mengimplementasikan MBS dengan indikator pencapaian
sekolah/manajemen mampu: mandiri/otonom, transparan, akuntabel, melakukan
partisipasi/kerjasama dengan masyarakat dan lainnya, program-program dan
pengelolaan yang fleksibilitas, dan terdapat kontinyuitas baik mengenai
program, keuangan, hasil-hasil program serta lainnya oleh pihak manajemen
sekolah
30)
Melaksanakan Kepemimpinan kepala sekolah mampu
melaksanakan ciri-ciri sebagai leader yang tangguh
31) Menyelenggarakan patisipasi masyarakat
(pemberdayaan komite sekolah) secara optimal dalam berbagai bentuk/bidang
32) Melengkapi jaringan informasi akademik di
internal maupun eksternal sekolah (SIM)
33)
Menciptakan jaringan kerja yang efektif dan efisien baik
secara vertikal dan horisontal
34)
Menciptakan berbagai model pengembangan pengelolaan
sekolah
35)
Mengadakan sistem pengelolaan dalam Income
Generating Activities atau unit-unit produksi/usaha di sekolah maupun kerjasama
dengan pihak lain untuk menggalang partisipasi masyarakat secara profesional,
dan
36)
Mengadakan dokumen laporan kepada berbagai pihak
yang relevan, baik menyangkut bidang akademik, non akademik atau manajemen
sekolah lainnya.
37)
Mengadakan
jalinan kerjasama dengan penyandang dana, baik tetap maupun ridak tetap dan
terdapat pemasukan dana
38)
Menciptakan
usaha nyata sekolah dalam hal unit produksi sekolah (koperasi, toko, kantin,
dll)
39)
Mengadakan jalinan kerjasama dengan
alumni dalam penggalangan dana
40)
Membuat perangkat penilaian berbagai
ragam untuk semua mapel semua jenjang kelas/tingkat
41)
Menyelenggarakan berbagai model
evaluasi: ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester,
ulangan kenaikan kelas, dll
42)
Mendokumentasikan pengembangan bank
soal.
43)
Mengadakan berbagai macam lomba, uji
coba, dan jenis lainnya untuk peningkatan prestasi peserta didik
C. TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan
Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia
yang: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab.
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri
dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Mengacu pada visi, misi , tujuan umum pendidikan
nasional, dan tujuan pendidikan dasar dan analisis Kontek, maka dikembangkan Tujuan Satuan Pendidikan SDN 13 Balai-Balai sebagai berikut ;.
1.
Semua
kelas melaksanakan pendekatan “pembelajaran aktif” pada semua mata pelajaran.
2.
Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses
belajar di kelas berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa.
3.
Mengembangkan budaya sekolah yang kondusif
untuk mencapai tujuan pendidikan dasar.
4.
Menyelenggarakan
berbagai kegiatan sosial yang
menjadi bagian dari pendidikan budaya dan karakter bangsa.
5.
Menjalin
kerja sama lembaga pendidikan dengan media dalam mempublikasikan program
sekolah.
6.
Memanfaatkan
dan memelihara fasilitas untuk sebesar-besarnya dalam proses pembelajaran.
7.
Mengembangkan
potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warganegara yang
memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa;
8.
Mengembangkan
kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan
nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius;
9.
Menanamkan
jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagai generasi penerus
bangsa;
10.
Mengembangkan
kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan
kebangsaan;
11.
Mengembangkan
lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh
kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan
penuh kekuatan (dignity).